4 Penyebab Strawberry Susah Berkembang Dan Berbuah Kecil

4 Penyebab Strawberry Susah Berkembang Dan Berbuah Kecil

4 Penyebab Strawberry Susah Berkembang Dan Berbuah Kecil

Hayo disini siapa yang suka dengan buah strawberry.?? Buah yang warna dan harumnya yang khas ini memang banyak sekali yang menyukainya. Apalagi di saat cuaca yang terik dengan panas sinar matahari yang menyengat, memakan Buah strawberry pastinya sangat menyegarkan dan yammi.

Dan disini adakah teman teman yang selain suka memakan buah strawberry, tetapi juga suka menanam tanaman strawberry ?. saya yakin pasti ada, karena dengan menanam strawberry sendiri kita tidak perlu bersusah payah untuk membelinya. Selain itu dengan menanam Buah strawberry sendiri, kita dapat memanennya kapanpun kita inginkan. Dan dalam menanam Buah strawberry pastinya teman teman memiliki cerita suka duka tersendiri.

Untuk teman teman yang suka dengan menanam Tanaman strawberry. Apakah teman teman ada yang menemui kendala berupa Tanaman strawberry yang susah berkembang dan Berbuah kecil..? jika ada maka teman teman harus membaca artikel ini sampai dengan selesai. Berikut akan saya sampaikan 4 penyebab buah strawberry / strawberry susah berkembang dan berbuah kecil.

  1. Pengaruh dari jenis strawberry

Bagi teman teman yang sudah menanam Tanaman strawberry namun di rasa tanaman tersebut susah berkembang dan buahnya dirasa terlalu kecil, maka ada baik teman teman mengenali terlebih dahulu bibit atau benih strawberry yang teman teman tanam.

Bisa jadi  strawberry yang teman teman tanam adalah strawberry dengan jenis buah yang kecil. Karena strawberry memiliki banyak sekali jenisnya. namun jika buah yang dihasilkan memang jauh dibawah standar pada umumnya maka bisa jadi penyebabnya bukan karena pengaruh dari jenis bibitnya namun ada pengaruh yang lainnya seperti yang di bawah ini

 

  1. Pengaruh dari kecocokan Iklim atau suhu lingkungan

Yang mempengaruhi tanaman strawberry susah berkembang dan berbuah kecil yang kedua adalah pengaruh dari kecocokan dari iklim atau suhu lingkungannya. Perlu teman teman ketahui dan setahu saya tanaman strawberry atau buah strawberry sebenarnya bukanlah tanaman asli Indonesia.

Maka tidak heran jika ada bebera wilayah yang akhirnya susah atau sulit untuk ditanami strawberry. Dibeberapa kasus akhirnya tanaman strawberry dapat ditanam dan bisa hidup namun susah berbuah. Sebagai contoh adalah apaya yang telah saya alami sendiri.

Dengan 1 jenis tanaman strawberry, saya menanam di dua lingkungan dengan iklim yang berbeda ( Iklim Tropis dan Iklim Sejuk Pegunungan ) dengan perawatan yang relative sama namun hasilnya sangat jauh berbeda. Hasil stroberi yang berada di iklim tropis hanya berbuah beberapa kali saja dalam satu tahun dan buahnya pun tidak terlalu besar. Sedangkan Tanaman strawberry yang berada di iklim yang sejuk tanamannya terlhat lebih subur, buah yang di hasilkan lebih besar dan lebih banyak dapat berbuah sepanjang tahun ( tanpa musim)

Baca Juga : Menanam Jambu Demak

 

  1. Pengaruh dari ukuran Pot atau media tanam

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang jenis strawberry dan iklim yang cocok namun tanaman strawberry masih belum dapat tumbuh dengan maksimal maka yang perlu teman teman perhatikan selanjutnya adalah ukuran pot atau media tanamnya. Ukuran pot atau media tanam adalah faktor penting yang perlu teman teman perhatikan setelah memilih jenis bibit serta iklim lingkungan.

Akan menjadi percuma jika pemilihan jenis bibit strawberry dan pemilihan lingkunga  sudah tepat namun ternyata ukuran pot atau media tanamnya tidak tepat. Pilih lah pot yang cukup besar untuk bibit strawberry yang akan teman teman tanam. Jangan sampai menggunakan pot yang terlalu kecil. Pot yang terlalu kecil pastinya hanya muat media tanam yang sedikit pula.

Dengan demikian perakaran tanaman stroberi tidak akan dapat berkembang dengan maksimal serta nutrisi yang dapat disimpan dalam media tanamnya pun akan sangat terbatas. Dengan terbatasnya nutrisi maka akan menyababkan kurangnya nutrisi bagi tanaman strawberry. Dengan demikian maka Buah yang akan dihasilkan tidak akan maksimal dan akan cenderung lebih kecil

Kunjungi Juga Halaman Facebook kami di Informasi Pertanian Terbaru

4 Pengaruh dari ketepatan dalam perawatan dan pemupukan

Dan hal yang terakhir yang dapat menyebabkan buah strawberry susah berkembang dan berukuran kecil adalah ketepatan dalam perawatan serta pemupukan. Setelah memilih jenis yang tepat sesuai iklim lingkungan serta penentuan ukuran pot atau media tanam yang tepat.

Maka perawatan dan pemupukan yang teman akan menjadi penentu terakhirnya. Walaupun teman teman telah menyadiakan pot atau media tanam yang cukup besar dengan harapan nutrisi alami didalamnya dapat memenuhi namun lama kelamaan nutrisi alami dalam media tanam akan habis. Dari itu perawatan seperti rotasi media tanam serta pemupukan yang teman perlu dilakukan. Semua ini dilakukan akan kesuburan dan kegemburan media tanam selalu terjaga. Sehingga tanaman strawberry dapat berbuah Besar dan Lebat

 

Itulah 4 penyebab Buah strawberry susah berkembang dan berbuah kecil yang perlu teman teman perhatikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi temen teman semuanya. Dan bila ada pertanyaan atau usulan silahkan temen temen ini dalam kolom komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *