Mengenal Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk

Mengenal Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk
Mengenal Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk

Mengenal Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk

Assalamualaikum Teman teman Semuanya, semoga kita semua selalu sehat dan dilindungi oleh Yang Maha Kuasa ya.. kali ini saya akan membahas tentang tanaman pisang. Pastinya teman teman semua tahukan buah pisang. Di Negara kita Negara Indonesia Terdapat banyak Sekali jenis jenis pisang yang pastinya sangat lezat dan kaya akan nutrisi dan vitamin yang menyehatkan tubuh kita.

Namun kali ini saya tidak akan membahas semua jenis pisang yang ada di Indonesia karena akan menjadi sangat panjang. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman teman untuk mengenal lebih dekat dengan pisang yang menurut saya cukup langka dan menarik untuk dibahas. Ciri ciri pisang ini adalah buah pisang yang berukuran besar dan panjang dan tidak memiliki janting seperti umumnya Pisang lainnya.

Nah dengan ciri ciri tersebut pastinya sudah mengetahui buah pisang apa yang akan saya bahas kali ini. Iya benar sekali pisang yang akan saya bahas adalah buah pisang byar atau buah pisang Tanduk dan ada pula yang menyebutnya pisang agung, dan bisa jadi di beberapa wilayah lainnya pisang ini memiliki nama yang berbeda pula. Karena nama suatu benda, barang atau makanan yang sama biasa akan bernama lain jika sudah ada di daerah lain.

Kelebihan Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk

Darisegi Olahan Pisang Byar dengan Pisang lainnya

Pisang Byar atau Pisang Tanduk adalah salah satu jenis pisang yang cukup popular di Indonesia. Pisang Byar atau Pisang Tanduk ini menurut saya masuk dalam kategori pisang yang special karena selain dapat dimakan secara langsung pisang Tanduk atau Pisang Byar ini dapat diolah dengan berbagai macam cara. Sebagai contoh jika Pisang ambon Umumnya hanya akan dimakan secara langsung setelah masak dan pisang ambon juga akan kurang cocok jika dibuat sebagai pisang goreng.

kerana memang tekstur dari pisang ambong menurut saya hanya cocok dimakan secara langsung. Namun berbeda dengan pisang Byar atau pisang tanduk. Teman teman pasti sudah sangat familiyar dengan pisang goreng berbahan dasar pisang Byar atau pisang tanduk. Pisang tanduk atau Buah Pisang Byar ini juga banyak dijual dalam keadaan Pisang Rebus. Jika teman teman pernah pergi ziarah wali songo maka teman teman akan banyak menemui penjual pisang Byar Rebus atau pisang Tanduk Rebus di sepanjang jalan menuju makam Sunan Muria yang berada di kabupaten kudus.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang Tanduk atau Pisang Byar

Pisang Tanduk atau Pisang Byar memiliki ukuran yang lebih besar bila di bandingkan dengan kebanyakan jenis pisang pisang lainnya. Selain itu kandungan gizi maupun nutrisinya pun juga baik bagi kesehatan tubuh kita. Di lansir dari https://www.sehatq.com/artikel/pisang-tanduk-pisang-kaya-manfaat-yang-tak-diduga-duga

Dalam 100gr Pisang Byar Atau Pisang tanduk terdapat 120 -150 kalori. Serta juga mengandung gizi lainnya seperti

  • Karbohidrat: 30 gram
  • Protein: 1.3-1.5 gram
  • Lemak: 0.2 – 0.3 gram
  • Serat: 2 gram
  • Kalium: 450 milligram
  • Magnesium: 35-40 milligram
  • Zat besi: 0.5 milligram
  • Fosfor: 30 milligram
  • Vitamin C: 20 milligram
  • Vitamin A: 60 mikrogram

Selain semua Nutrisi Tersebut didalamnya juga masih terdapat unsur gizi lainnya seperti vitamin K, vitamin B, Antioksidan seperti Flavonoid, luterin hingga karoten. Dengan semua kandungan Nutrisi ini banyak sekali manfaannya bagi Kesehatan Tubuh kita.

Karakteristik Buah Pisang Byar atau Buah Pisang Tanduk

Pohon pisang Byar atau pisang tanduk umumnya memiliki ketinggian 2,5 hingga 3 meter.  Warna batang Hijau kecoklatan dengan daun berwarna hijau. Dalam satu tandang pisang Byar atau pisang tanduk hanya terdapat 1 hingga 3 sisir saja dan setiap sisir kurang lebih berisi 8 hingga 10 buah. Pandang tandang sekitar 50 cm hingga 80 cm tergantung isi sisirnya. Semakin banyak sisirnya maka akan semakin panjang. Perwakan buahnya Ketika belum masak berwarna hijau keputihan dan ketika masa berwarna kuning kecoklatan.

Panjang buah bisa mencapai 30 cm bahkan lebih. Kulit pisang ini cenderung lebih tebal bila di bandingkan dengan  jenis pisang lainnya. Dan ciri ciri yang mencolok adalah pisang Tanduk ini atau pisang Byar ini tidak memiliki jantung. Dan itu dapat teman teman buktikan jika saat membeli Pisang tanduk khusunya yang satu tandang maka teman teman tidak akan menemui bekas potongan jantung seperti  pada pisang pisang lainnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman teman pembaca semua, jika ada pertanyaan ataupun masukkan silahkan tinggakan di kolom komentar.

Terimakasih

Wassalammualaikum wr wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *